What is Flash Mobs?

Flash Mob dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang berkumpul pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan untuk melakukan suatu hal seperti lelucon konyol yaitu berteriak selama 30 detik dan cepat menyebar sebelum polisi tiba. Menggunakan ponsel, flash mob dapat mengubah tempat apabila yang pertama telah diganggu.

hiv-flashmob

Massa Flash Mob diatur melalui komunitas online, webblog, newsgroup, e-mail surat berantai atau melalui telepon. Flash mob dianggap sebagai manifestasi khusus dari perusahaan virtual (komunitas virtual, komunitas online)., Menggunakan media baru seperti ponsel dan Internet, untuk mengatur aksi langsung kolektif. Sekarang juga ditunjuk sebagai aksi massa flash mob dengan latar belakang politik atau ekonomi. Ini harus disebut karena kegunaan mereka dan purposefulness sebagai massa cerdas.

Flash mob bisa cepat dikumpulkan melalui berbagai cara seperti melalui surel, blog, pesan singkat dan jaringan sosial lainnya. Pesan yang dikirim dapat diteruskan beberapa kali untuk meningkatkan ukurannya (banyaknya massa).

Sejarah flash mobs

Proyek “zebra pejalan kaki teater” dari Belanda oleh Spoor (awal tahun sembilan puluhan) dapat digunakan sebagai prekursor awal massa flash dipertimbangkan. Spoor direkrut (melalui selebaran, pohon telepon, dll) masing-masing aktor di lokasi di kota di mana pejalan kaki telah dilakukan teater. Bersama pertunjukan mendadak di ruang publik telah dilatih dan dilakukan, sangat mengingatkan pada konsep dan menarik bagi massa flash hari ini. “Flash massa” tindakan adalah dari serikat buruh dipekerjakan khusus untuk pendudukan dan blokade toko di perselisihan kolektif di sektor ritel. Ini merupukan salah satu contoh video yang berhubungan dengan Flash Mob. Keputusan Pengadilan Perburuhan Federal, bahwa massa flash tersebut untuk bentuk perselisihan perburuhan diperbolehkan berlaku, asosiasi perdagangan Jerman dengan akun sendiri pada bulan Desember 2009 komplain ke Mahkamah Konstitusi Federal.

Di Philadelphia pada musim semi tahun 2010 menyaksikan kecenderungan bahwa orang-orang muda hidup di sini seperti “nyata” kekerasan massa mereka. Pada Juni 2009, kematian Michael Jackson menimbulkan flash massa di kebanyakan kota besar dunia seperti Chicago, Paris, Stockholm, Montreal dan Taipei, di mana para peserta berkumpul untuk menari pada saat yang sama Beat koreografi Hal.

Pada tanggal 8 September 2009, di acara pembukaan Oprah Winfrey Show Oprah di Michigan Avenue di Chicago, Black Eyed Peas mulai tabung mereka. Pada awal dan melawan segala rintangan, menjadi lagu yang terkenal unik, penonton tetap bergeming, dan hanya seorang wanita berpakaian biru menari di depan. Namun, sebagai lagu berlangsung, semakin banyak orang mulai tarian koreografi yang sama, langkah demi langkah. Oprah tercengang sebelum 20.000 peserta berakhir bersama-sama lagu dengan gerakan yang sama.

Flash mob pertama

Flash mob pertama kali di buat di Manhattan pada Mei 2003 oleh salah satu senior editor Harper’s Magazine, yang bernama Bill Wasik. Usaha pertama yang dilakukan tidak berhasil setelah toko ritel yang telah ditargetkan untuk memberikan informasi mengenai rencana untuk mengumpulkan orang-orang gagal dilakukan. Pada percobaan flash mob kedua, Wasik berupaya untuk menghindari berbagai masalah yang akan terjadi, percobaan flash mob yang kedua berlangsung pada 3 juni 2003 di Macy’s department store, dengan mengundang para peserta untuk ikut hadir dan bergabung di Macy’s department store. Sekitar kurang lebih 100 orang berkumpul bersama di lantai sembilan dari toko permadani. Setiap orang didekati oleh asisten penjual untuk mengatakan bahwa para pengumpul tinggal bersama di suatu gudang di New York, bahwa mereka berbelanja “Untuk kecintaan pada permadani” dan semua keputusan pembelian mereka sebagai sebuah kelompok. Kemudian, 200 orang membanjiri lobby dan lorong hotel yang berkumpul untuk hanya bertepuk tangan selama 15 menit, serta sebuah butik di SoHo di serbu pula oleh orang-orang yang berpura-pura sebagai wisatawan dalam perjalanan menggunakan bus.

Jenis lain dari flash mob

  1. Silent Disco (Disko Diam)

Contoh lain dari flash mob yang terkenal salah satunya adalah disko diam (silent) pada bulan april tahun 2006 di London. Di berbagai stasiun bawah tanah di London, orang-orang berkumpul dengan perangkat tablet musik mereka masing-masing, dan pada waktu yang ditetapkan mulai menari sesuai dengan musik mereka. Pada saat itu dilaporkan bahwa lebih dari 4.000 orang berpartisipasi di stasiun Victoria London. Hal ini berdampak pada layanan reguler dari sistem yang cukup besar bagi polisi kota untuk memulai pengendalian massa dan orang-orang perlahan dengan jelas. Mobile Clubbing adalah mengumpulkan beberapa orang dengan perangkat audio portabel dan head phone untuk menari ditempat-tempat umum. Tidak jelas dari mana clubbing mobile. Sejak tahun 2004, kasus tindakan-tindakan tersebut telah diamati di berbagai kota di seluruh dunia (seperti, New York, Madrid, Tel Aviv, London, Berlin). Terutama di stasiun kereta bawah tanah London Underground, tren itu menyebar. Pada pers, itu disebut penerus dari massa flash. Peristiwa tersebut akan diposting di Internet. Berlaku aturan berikut: Jadilah pada waktu yang ditetapkan di situs Tari ke player portabel Anda musik pribadi Anda Gunakan seluruh ruangan – ini untuk mencegah penanggulangan dan Jangan khawatir – Anda akan menjadi salah satu dari banyak orang yang ada.

  1. Worldwide Pillow Fight Day

Pada tanggal 22 Maret 2008 dilangsungkan sebuah acara yaitu Worldwide Pillow Fight Day,dalam acara ini lebih dari 25 kota di seluruh dunia ikut berpartisipasi dalam “flash mob internasional” pertama, yang terbesar di dunia massa sampai saat ini. Berdasarkan The Wall Street Journal, lebih dari 5.000 orang ikut berpartisipasi di New York City, menyalip 2006 London mengumpulkan Silent Disco tercatat sebagai flash mob terbesar. Acara ini menyebar melalui situs jejaring sosial, termasuk Facebook, Myspace, blog pribadi, forum-forum public, website pribadi, serta dari mulut ke mulut, pesan teks, dan email. Terdapat beberapa Negara yang ikut berpartisipasi dalam acara ini seperti Atlanta, Boston, Budapest, Chicago, Kopenhagen, Denver, Dublin, Hamburg, Houston, Huntsville, London, Los Angeles, Melbourne, New York City, Paris, Pécs, Portland, Oregon, Roanoke, Seattle, Shanghai, Stockholm,Sydney, Tel Aviv, Székesfehérvár, Szombathely, Vancouver, Washington, DC dan Zurich.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s